music Q

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Selasa, 30 April 2013

cara membedong bayi


2
Membedong merupakan istilah di negeri kita untuk ‘membungkus’ bayi dengan kain. Kain yang digunakan pun biasa disebut dengan kain bedong. Beberapa manfaat membedong bayi, antara lain:
- Membantu bayi Anda agar tidak terganggu dengan gerakan kejut yang biasa dikenal dengan refleks Moro
- Membantu bayi Anda untuk tetap hangat, terutama pada hari-hari pertama dalam kehidupannya. Nantinya secara berangsur, tubuhnya akan menyesuaikan dengan lingkungan sekitar, sehingga kain bedong tidak diperlukan lagi
- Membantu menenangkan bayi Anda
Ketika bayi Anda dibedong dengan benar, dia akan merasa hangat dan aman, dan bedong pun berguna untuk menenangkan si kecil ketika dia menerima rangsangan yang berlebihan.
Jika Anda melahirkan di bidan, maupun di rumah sakit, biasanya sebelum pulang, mereka akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara membedong si kecil. Namun jika Anda masih bingung, atau belum percaya diri melakukannya, Anda bisa melihat video singkat kami mengenai salah satu cara yang baik untuk membedong bayi Anda.
Beberapa Tips Seputar Membedong Bayi
  1. Perhatikan kondisi bayi Anda ketika awal akan membedong; jangan melakukannya ketika dia sedang lapar misalnya, atau masih basah setelah mandi, ataupun ketika ia sedang lelah
  2. Jangan membedong terlalu kencang, dengan memaksa kaki bayi agar lurus, karena praktek seperti ini akan merusak sendi lututnya dan juga bisa menyebabkan displasia pangkal paha (hip dysplasia). Untuk mencegahnya, pastikan Anda meninggalkan ruang yang cukup pada bagian bawah bedong (bagian kaki), sehingga bayi Anda tetap bisa menekuk lututnya
  3. Jika cuacanya dingin, Anda boleh memakaikan baju dan celana panjang kepada si kecil sebelum ia dibedong. Namun jika cuaca sedang panas, pastikan ia hanya memakai kaos singlet dan celana pendek. Kalau tidak, ia akan sangat kepanasan
  4. Jangan sampai kain bedong menutupi daerah wajah bayi Anda
  5. Ketika bayi Anda tertidur dengan dibedong, sebaiknya ia jangan diletakkan berdampingan dengan Anda, karena ia pun mungkin akan kepanasan. Bayi yang dibedong ketika tidur, sebaiknya dibuat sedemikian rupa sehingga sekelilingnya merupakan udara bebas dan tidak tertutup, agar ia memperoleh cukup udara dan tidak merasa kepanasan

Description: bedong bayi

- langkah membedong bayi, urutan berlawanan arah jarum jam -
Langkah Membedong Bayi
  1. Bentangkan kain bedong pada permukaan yang rata, dengan bentuk seperti berlian – (gambar 1)
  2. Lipat sudut bagian atasnya ke bawah, sebanyak sekitar 15-20 cm, sehingga permukaan atas kain membentuk garis horisontal – (gambar 1)
  3. Letakkan bayi Anda perlahan pada punggungnya, sehingga ujung atas kain yang horisontal tadi berada sejajar dengan bahunya – (gambar 1)
  4. Turunkan tangan kanan bayi Anda sehingga berada di samping tubuhnya – (gambar 2)
  5. Tarik sudut kain bedong yang berada di sisi tangan kanannya tadi untuk menyelimuti tangan dan dadanya, lalu selipkan ujung kain tersebut ke bawah punggungnya yang ada di sisi kiri tubuhnya – (gambar 2)
  6. Turunkan tangan kiri bayi Anda, sehingga berada di samping tubuhnya
  7. Tarik sudut kain bedong yang berada di sisi tangan kirinya tadi untuk menyelimuti tangan dan dadanya, lalu selipkan ujung kain tersebut ke bawah punggungnya yang ada di sisi kanan tubuhnya
  8. Atau bisa juga dengan cara seperti pada gambar 3
  9. Pelintir atau lipat ujung kain bedong bagian bawah, lalu selipkan ke bawah tubuhnya, tapi biarkan longgar, jangan terlalu kencang, sehingga lutunya bisa dilipat olehnya, pinggulnya bisa bergerak dengan baik dan ia pun bisa meregangkan kakinya degan mudah
- video salah satu cara membedong bayi yang baik -
Sampai Usia Berapa Sebaiknya Bedong Digunakan?
Hingga bayi Anda berusia sekitar 1 bulan, Anda masih bisa membedongnya, namun usahakan untuk tidak membedongnya selama ia terjaga.
Jika setelah usia 1 bulan ia terlihat bisa tidur lebih nyenyak dengan dibedong, tidak mengapa untuk membedongnya, hanya ketika ia sedang tertidur.
Biasanya, kalau si kecil sudah tidak betah dibedong, dia akan menolak dengan menangis atau menendang-nendangkan kakinya, nah ini berarti sudah saatnya Anda meninggalkan bedong untuk seterusnya.
Artikel yang berhubungan:
  1. Cara Memandikan Bayi: Apa Saja Yang Harus Disiapkan?
  2. Perlengkapan Bayi yang Berguna untuk Menenangkan
Subscribe
Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.
Description: http://www.tipsbayi.com/wp-content/themes/canvas/images/ico-social-rss.png
24 Responses to Bedong Bayi – Manfaat dan Cara Membedong yang Baik
  1. hamid arif June 27, 2012 at 9:56 am #
thanks infonya … sgt bermanfaat bagi kami
@ hamid arif,
Sama-sama …;-)
  1. Botol Kaca Asi June 5, 2012 at 9:56 am #
Pembahasan yang bagus dan menarik. terima kasih untuk informasinya Description: ;)
@
Sama – sama .. Description: ;-)
  1. evi May 31, 2012 at 1:44 pm #
dear tipsbayi..
hiks..hiks..saya diomeli ibu krn gk bedong anak saya stlh sebulan, lha kalo dibedong nangis mpe wajahnya merah.
trus ibu bilang: ne kakinya bentuknya gini..
lha..menurut para ahli kaki bayi emang gitu cz dlm kandungan ruang geraknya kan smpit..
tp kalo jelasin ke ibu, kaya’na gk connect..hufff.. so apa yaa yg harus saya lakukan???
thx
@ evi,
Oh ya..? Description: :-)
Benar jika bayi sudah aktif maka tidak akan betah dengan bedong..
Perhatikan juga.. lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.. Description: ;-)
Bisa Anda jelaskan secara lembut pada ibu anda, insyaAllah ibu Anda akan mengerti… Description: ;-)
  1. iswinar May 14, 2012 at 9:06 am #
Merawat bayi perlu telaten ya..
@ iswinar,
Benar Bu … Description: ;-)
  1. vony April 27, 2012 at 1:35 pm #
Anak saya baru beberapa hri doang di bedong
Mungkin ± 2 mingguan …
Hbis klo di bedong dy berontak n nangis kenceng…
??kÄ????9 ud 1 bln umurnya..apakah nti berpengaruh terhadap kkinya misalnya jlnnya nti G???ªª? lurus (egang)krna kurang bedongan
@ vony
Tidak kok. Tidak ada hubungannya, kalau bayi tidak dibedong lalu kakinya akan bengkok. Itu hanya mitos. Adapun manfaat bedong memang ada, diantaranya adalah membuat si bayi serasa sedang dipeluk.
  1. dian febianty March 8, 2012 at 11:59 am #
hehehhe..anakku hanya 2 minggu setelah dilahirkan bedongannya di lepas,,habis anakku g betah tangannya sudah keluar2 jdi lepas bedongannya..
  1. busana anak February 9, 2012 at 3:52 pm #
maaf ada kesalahan penulisan, saya refisi pertanyaannya.
apakah bedongan mempengaruhi pertumbuhan dan bentuk dari teksture tulang yang berakibat dengan kaki melengkung atau tidak lurus karena waktu bayi sering di gedong?
  1. busana anak February 9, 2012 at 3:51 pm #
apakah bedongan mempengaruhi pertumbuhan dan bentuk dari teksture tukang yang berakibat dengan kaki melengkung atau tidak lurus karena waktu bayi sering di gedong?
@ busana anak,
Memang bentuk kaki bayi seperti bengkok akan tetapi itu akan berubah seiring dengan usianya.. Anda jangan khawatir, apabila sudah bisa berjalan sendiri kaki bayi Anda akan semakin sempurna.. Description: ;-)
  1. uhuy February 6, 2012 at 11:33 am #
betulnyatu?
@ uhuy,
Description: :-)
  1. mama aisya January 28, 2012 at 9:32 am #
kalo aisya hanya betah beberapa hari stlh melahirkan saja pakai bedong, setelah itu dia selalu bergerak sampai bedongnya lepas..
@ mama aisya,
Oh ya..? Description: :-)
Benar jika bayi sudah aktif maka tidak akan betah dengan bedong..
Perhatikan juga.. lepaskan bedong saat bayi Anda tidur, agar tidak mengganggu pernafasannya. Lepaskan kain bedong dari tubuh bayi saat akan ditengkurapkan. Jangan lupa, bayi masih bernapas melalui perut, dibedong akan mengganggu gerak pernapasan perutnya, apalagi bila bayi sedang tidur tengkurap.. Description: ;-)
  1. Rayna January 17, 2012 at 2:52 am #
Waktu pertama kali susah banget, apa lagi si dede bayi nga mau diem. Tapi sekarang sih sudah terbiasa, dan belajar juga dari video nya. Trims ya.
@ Rayna,
Sudah ahli ya.. Description: ;-)
Sama-sama, terima kasih juga untuk anda yang aktif terus di milis ini..
  1. usfxtrading December 30, 2011 at 1:41 am #
ternyata bedong bayi sangat gampang, tetapi saat di praktekkan agak merasa was was saja. maklum pertama kali
@ usfxtrading,
Memang gampang.. tapi tetap harus Anda biasakan.. Description: ;-)
  1. labira December 12, 2011 at 3:39 pm #
saya sudah praktekan caranya seperti yang di video, jadinya lebih gampang bedong anak hihi… tadinya susah dan suka lepas2
@ labira,
Oh ya.. gampang ya sekarang.. Description: ;-)
Leave a Reply
Top of Form
Name
Email (will not be published)
Website
Bottom of Form
Description: http://www.tipsbayi.com/wp-content/uploads/2012/09/ebook250x250b.jpg
“Terima kasih atas ebooknya…”
"Saya merasa sangat beruntung sekali bisa mendapatkan Ebook 12 Bulan Pertama, maklum, saya adalah seorang calon ayah yang sangat membutuhkan banyak informasi tentang bayi dan hal lain tentang ibu hamil, semuanya saya dapat melalui informasi dari Tips Bayi dan ebooknya yang sangat bermanfaat.

Isi Ebook 12 Bulan Pertama menurut saya sangat lengkap, dan sebelumnya saya berfikir akan membeli buku panduan lain tentang bayi dan ibu hamil, tetapi setelah membeli ebook tersebut, fikiran untuk membeli buku panduan lain tidak saya wujudkan.

Buat calon orang tua yang ada di seluruh Indonesia, saya sarankan membeli
Ebook 12 Bulan Pertama, karena nilai rupiah yang kita keluarkan tidak dapat menandingi manfaat yang sangat besar yang terkandung dalam ebook tersebut..."

>>> Al Fahmi - Muara Bungo, Jambi
Artikel Populer
Description: http://www.tipsbayi.com/wp-content/uploads/2011/01/banner-2011.jpg
Description: http://www.tipsbayi.com/wp-content/uploads/2012/06/banner-GTB-250-a.jpg
Kategori
Cari Artikel
Top of Form
Bottom of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar