music Q

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Selasa, 30 April 2013

dampak pemberian imunisasi DPT


Dampak Pemberian Imunisasi DPT Terlalu Dekat


Anak kami usia tiga bulan (lahir tanggal 21 Mei 2012). Saat usia 2 bulan (30 Juli) dia mendapat imunisasi DPT 1 di rumah bersalin di Metro. Saat kami melakukan imunisasi polio di rumah bersalin yang berbeda di Tanjungkarang (23 Agustus), petugas medisnya mengatakan DPT 2 harus diberikan sebulan sekali bersamaan dengan polio. Kami pun mengikuti anjurannya dan melakukan imunisasi DPT 2 pada 23 Agustus (rentang waktu dengan imunisasi DPT 1 belum 4 minggu).

Beberapa waktu setelahnya, kami baru mengetahui bahwa rentang waktu pemberian imunisasi DPT ternyata harus dilakukan setiap 2 bulan sekali, dan anak kami mendapat imunisasi DPT 2 dengan rentang hanya 3 minggu.

Yang ingin kami tanyakan:
1. Apakah dampak pemberian imunisasi DPT yang terlalu dekat tersebut terhadap bayi?
2. Apakah anak kami harus mendapat imunisasi DPT ulang mulai dari DPT 1 lagi, atau harus mengulang DPT 2 pada bulan September nanti (saat usia anak kami 4 bulan)? Atau harus tetap mengikuti jadwal awal imunisasi DPT 3 pada saat usia bayi kami 6 bulan (bulan November)?
Pengirim: +628197983xxx

Tak Menjadi Masalah


Pada prinsipnya pemberian imunisasi bertujuan untuk meningkatkan kekebalan bayi terhadap penyakit tertentu. Jadi kekebalan ini harus ditingkatkan secara berkala. Oleh karena itu pemberiannya harus diulang beberapa kali.

Dalam pelaksanaannya pemberian imunisasi ini tidak untuk mempersulit orangtua. Sehingga teknik imunisasi sekarang digabung, misal DPT dengan polio atau hepatitis B dengan DPT. Dalam penelitian, gabungan (combo) ini tidak menghambat kekebalan tubuh dan tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan dan dapat menekan biaya imunisasi. Serta menghemat waktu.

Mengenai dampak dari imunisasi yang terlalu cepat atau terlalu lambat dari jadwal, tidak menjadi masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar